Umroh adalah salah satu ibadah didalam agama Islam yang tata cara pelaksanaannya dengan melakukan perjalanan ke Saudi Arabia dengan melaksanakan beberapa kegiatan yang wajib dilakukan yaitu : mengerjakan Ihram, Tawaf, Sai dan diakhiri dengan Tahalul.

Ihram : kegiatan dalam ibadah umroh yang pelaksanaannya mengenakan pakaian Ihram (kain putih tanpa jahitan) dan mengucapkan niat umroh yang dilakukan di tempat Miqat (suatu tempat untuk melakukan Ihram biasanya di Bir Ali)

Tawaf: kegiatan dalam ibadah umroh yang pelaksanaannya mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 keliling disertai dengan berdoa.

Sai: kegiatan dalam ibadah umroh yang pelaksanaannya dengan berlari kecil pada batas yang telah ditentukan dan berjalan diantara Bukit Shofa sampai Bukit Marwah sebanyak 7 kali.

Tahalul : kegiatan dalam ibadah umroh yang pelaksanaannya dengan mencukur sebagian rambut atau bisa juga seluruh rambut, tahalul ini menunjukan sebagai tanda berakhirnya ibadah umroh.

Pada tahun ini STMIK Pringsewu memberangkatkan sebanyak enam orang terdiri dari dosen, staf dan mahasiswa/i STMIK Pringsewu berangkat menunaikan ibadah umroh, yaitu Bapak Bapak Stutejo, M.T.I, Ibu Evi Guslina, S.Kom, Bapak Fredy Setiawan, S.Kom, Ibu Lia Marlina, S.Kom, Yati Nur Oktavia, Mustofa Kamal.

Selamat menunaikan ibadah umroh Bapak/Ibu Dosen & MAHASISWA/I STMIK PRINGSEWU, Insya’Allah amal ibadah di terima ALLAH SWT & tetap mendapatkan barokah. Amin yra.