STMIK Pringsewu merupakan perguruan tinggi komputer yang pertama dikabupaten Pringsewu. Berdasarkan pemikiran diatas dibentuklah Yayasan bernama: Yayasan Pendidikan STARTECH yang berdiri pada tanggal 8 Desember 1993.  Pendidikan Startech mengadakan paket pendidikan Operator, Programmer, Komputer Akuntansi.

Pada tanggal 26 Desember 1995, didirikan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer yang beralamat di Jl. Wisma Rini No. 09 Pringsewu Kabupaten Tanggamus. Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK Starteck) Pringsewu mendapatkan SK. MENDIKBUD RI No. : 03/D/O/1995.

Visi Institusi merupakan gambaran cara pandang jauh ke depan mengenai program jangka tertentu yang tetap inovatif, eksis dan antisipatif. Visi diharapkan bisa memberikan orientasi dan komitmen bagi para dosen, tenaga kependidikan ataupun mahasiswa untuk mencapainya. Peletakan wujud dasar program dan kegiatan pencapaian visi, harus dimulai dengan adanya kegiatan-kegiatan yang realistis dirumuskan ke dalam misi-misi yang dilaksanakan Institusi.

Misi yang dijalankan haruslah mencerminkan kegiatan Tri Dharma Pendidikan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat guna mendukung tercapainya Institusi STMIK Pringsewu. Nilai pencapaian dari visi institusi diwujudkan dengan nilai pencapaian tujuan-tujuan realistis dari program studi sistem informasi dan manajemen informatika secara bertahap. Rumusan tujuan tersebut merupakan upaya pencapaian dan implementasi dari misi yang dirumuskan. Sasaran merupakan rumusan kegiatan operasional yang dilaksanakan oleh program studi guna pencapaian sasaran operasional. Pencapaian sasaran ini akan mendukung tercapainya tujuan, sehingga misi dan visi Institusi dapat terwujud.

Dalam rangka mencapai rumusan visi, misi, tujuan dan sasaran Tim Perumus tetap sebagai pelaku utama dari terwujudnya apa yang akan menjadi Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Institusi. Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Institusi di lingkungan STMIK Pringsewu dilakukan dengan membentuk Tim Perumus dan diperkuat dengan surat keputusan yang disyahkan oleh Ketua STMIK Pringsewu. Dokumen internal sebagai acuan oleh tem perumus dipelajari dan dievalusi sejumlah dokumen sebagai acuan salah satu dasar dalam merumuskan Visi, Misi, Tujuan, da Sasaran STMIK Pringsewu. Dokumen Internal STMIK Pringsewu yang Menjadi salah satu acuan itu antara lain: seperti Rencana Induk Pengembangan (RIP) STMIK Pringsewu, Visi Misi STMIK Pringsewu tahun sebelumnya, Rencana Strategis (Renstra) STMIK Pringsewu, pengelola program studi, dosen dan Mahasiswa, Selanjutnya poin-poin penting dari dokumen tersebut didiskusikan dengan mempertimbangkan dokumen eksternal seperti perundangan-undangan dan peraturan pemerintah tentang perguruan tinggi, Alumni, Orang tua/walidan pengguna (stakeholder). Selanjutnya berdasarkan dokumen internal dan eksternal tersebut dilakukan analisis untuk kemudian akan dijadikan sebagai dasar untuk merumuskan menjadi visi, misi, tujuan dan sasaran institusi dalam kurun waktu tertentu.