Sebanyak 12 kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) di Kabupaten Pringsewu menerima akta notaris dan SK Menkumhamkan TA 2020. Penyerahan tersebut dilakukan di Pokdakan Tinem Langgeng Makmur, Jalan Palapa Gunung Kancil, Kelurahan Pajaresuk, Pringsewu, Rabu (24/3).

Akta notaris dan SK Menkumhamkan tersebut diserahkan secara langsung oleh Bupati Pringsewu Sujadi. Akta notaris bertujuan memberikan legalitas kepada kelompok pokdakan.

“Dengan akte notaris maka pokdakan memiliki posisi tawar yang lebih tinggi. Misalnya pokdakan yang memproduksi pakan ikan maka akan memiliki tingkat kepercayaan lebih dari pembeli,” ujarnya.

Sementara Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri mendukung kegiatan tersebut. Menurutnya hal tersebut sejalan dengan salah satu program 100 hari Kapolri dibidang ekonomi.

“Polri siap membantu mengawal pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satunya adalah dibidang perikanan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Pringsewu Debi Hardian menyebutkan di Pringsewu sudah ada dua pokdakan yang telah memiliki sertifikat cara pembuatan pakan ikan yang baik (CPPIB) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI. Yaitu Pokdakan Tinem Langgeng Makmur (TLM) dan Mitra Patin.

Dirinya mengungkapkan pentingnya sertifikat CPPIB bagi unit produksi pakan ikan. CPPIB diperlukan sebagai bukti bahwa pakan ikan yang dihasilkan telah memenuhi standar mutu dan persyaratan teknis yang telah ditetapkan.

“Semuanya dalam rangka menjamin mutu produk dan pada akhirnya ada keterjaminan keamanan pangan bagi produk hasil budidaya ikan itu sendiri,” ujarnya.

Setelah menyerahkan akte notaris, Bupati Pringsewu Sujadi meninjau proses pembuatan pakan ikan milik Pokdakan Tinem Langgeng Makmur. Sujadi mengapresiasi proses pembuatan pakan ikan yang dilakukan oleh Pokdakan Tinem Langgeng Makmur.

Adapun keduabelas kelompok penerima akte notaris adalah Pokdakan Gabus Kidul Gunung Sukoharjo, Pokdakan Her Mina Katon Adiluwih, Prima Jaya Sentosa Waluyojati, Bina Lestari Makmur Margosari dan Ambar Asri Abadi Ambarawa.

Arrahman Jaya Ulam Rejosari, Tirta Jaya Mandiri Gadingrejo, Cahaya Muda Berkarya Fajaresuk, Tinem Langgeng Makmur Lugusari, Mina Giri Tunggal Pagelaran, Mina Jaya Abadi Sukoharjo dan Ulam Jaya Sewu Pringsewu.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Pringsewu Suherman, Kadis Koperindag Bambang Suhermanu, Camat Pringsewu Moudy Ary Nazolla, HIMPI, Bank Lampung Cabang Pringsewu dan lainnya. (rif/hin/rci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *