Memperingati 164 tahun Tokoh pendiri Pandu Sedunia pada tahun 2021 ini, Ka.Kwarcab Pringsewu Dr.H.Fauzi dalam Kepramukaan akrab dipanggil Kak Fauzi menyampaikan pesan kepada seluruh anggota Pramuka di lingkungan Kwarcab Pringsewu, (21/2/2021)

Perlu diketahui bahwa Robert Baden- Powell atau juga disebut Baron Baden Powell yang juga disebut Bipi- Lord Baden- Powell, adalah Letnan Satu tentara Inggris, (22 February 1857 – 8 Januari 1941) merupakan pendiri gerakan Kepanduan sedunia.

“Seorang Pramuka tersenyum dan bersiul dalam semua keadaan”. Begitulah salah satu pesan bijak Baden-Powell Bapak Pandu sedunia. Pesan ini relevan dengan kondisi sekarang, dimana saat ini wabah Covid-19 ditetapkan sebagai bencana nasional bahkan internasional.

Pada kondisi darurat saat ini, seorang Pramuka dituntut untuk tanggap dan memiliki kepedulian, kewaspadaan dan kesiapsiagaan, ikhlas dan selalu bahagia dalam melaksanakan tindakan. Saatnya Pramuka bergerak tanpa menunggu perintah, sigap dalam upaya penanganan dan memutus rantai penyebaran Covid-19. Salah satu wujud nyatanya adalah menjadi Duta Perubahan Perilaku dan hadir di tengah-tengah masyarakat, ujar Ka. Kwarcab Pringsewu Kak Fauzi.

“Pramuka harus bisa menjadi contoh dalam berperilaku sesuai dengan protokol Kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona, sekaligus menjadi Pewarta dalam upaya pemulihan kembali ke Era Normal, pesan Kak. Fauzi lebih lanjut.

Jangan merasa lelah, tetap semangat dan terus berkarya dan membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19”, khusus nya di Kabupaten Pringsewu, papar kak Fauzi.

Lebih lanjut, Kak Fauzi mengungkapkan bahwa gerakan Pramuka memiliki pedoman dalam bertindak dan berperilaku yaitu Dasadarma dan Tri Satya. Sehingga Pramuka juga turut melaksanakan pembinaan karakter bagi generasi muda. Diharapkan melalui Pramuka dapat mewujudkan generasi muda yang tangguh dan berkualitas sebagai calon-calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang.

“Saya harap dalam memperingati hari baden powell ke – 164 ini sebagai anggota pramuka harus mampu meneladani hidup Lord Robert Baden Powell dalam aktivitas-aktivitas yang dilaksanakan sehari-hari, tegas Kak Fauzi (doy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *