1:04 pm - Saturday November 18, 2017

STMIK PRINGSEWU – PELATIHAN TABLE MANNER

STMIK PRINGSEWU – Sabtu (7/10), mahasiswa jurusan sistem informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pringsewu melaksanakan kegiatan table manner di hotel bukit randu lampung. Pengetahuan table manner bagi mahasiswa sangat penting untuk menambah pengetahuan dan pengalaman, hal ini juga merupakan proses pengembangan diri mahasiswa yang diintegrasikan dalam Mata Kuliah Character Building.

Program table manner tersebut, agar para mahasiswa dapat mengetahui praktek dan pengalaman tata cara makan yang baik secara langsung, mahasiswa yang telah mengikuti program tersebut, nantinya dapat dipraktekan dengan baik dalam jamuan makan.

Sudewi, M.M selaku dosen mata kuliah Character Building dan selaku dosen pendamping mengatakan, program studi sistem informasi kelas line 6 Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pringsewu mengasah skill mahasiswanya melalui tabel manner. Tabel manner itu adalah aturan etika yang dipergunakan pada saat makan, yang mana memberikan petunjuk-petunjuk yang benar dalam penggunaan alat makan. Perbedaan budaya makan dapat membuat aturan tersebut berubah-ubah yang bertujuan menambah wawasan mahasiswa tentang etika budaya bangsa-bangsa lain. Kepada para mahasiswa yang nantinya akan menjadi seorang Public Relations Officer. Pelatihan yang diikuti oleh sekitar 40 orang mahasiswa angkatan 2016–2017.

Lebih lanjut diungkapkan Dosen Pendamping Sudewi, kegiatan table manner juga untuk mengetahui kepribadian seseorang melalui tata cara bersikap dan berperilaku di meja makan. Kami menempah mahasiswa tak hanya secara teori mata kuliah saja, melainkan juga mempraktekkannya. Kami juga menginginkan mahasiswa nantinya menjadi guru yang baik dalam berucap, bersikap dan berperilaku sopan dalam masyarakat,” ungkapnya.

Mempelajari Table Manner sama sekali bukan untuk mengubah kebiasaan kita sehari-hari di rumah, tetapi hanya sebagai dasar yang perlu diketahui agar tingkah gerak dan perilaku kita pada waktu dihadapkan pada kondisi yang formal tidak menjadi kaku, merasa rendah diri dengan keadaan yang serba aneh. Dalam kegiatan Table Manner kita akan menghadapi 3 aspek penting yaitu (1). Table Setting (Persiapan dan Penataan), (2). Food & Beverage Service (Sistem dan Cara Pelayanan), (3). Table Etiquette (Etika Servis dan Pelayanan). (*na)

Filed in: Info Kampus, Info Penting, Umum

Leave a Reply