4:29 pm - Monday June 18, 2018

SEMINAR PENGOLAHAN DATA STATISTIK MENGGUNAKAN PROGRAM SPSS

Pringsewu, Senin (19/3).- STMIK Pringsewu kembali mengadakan seminar, kali ini bertajuk “Pengolahan Data Statistik Menggunakan Program SPSS”. Seminar ini merupakan yang terakhir dari rangkaian seminar dalam rangka peringatan HUT Kabupaten Pringsewu yang kesembilan. Seminar ini menghadirkan narasumber dosen STMIK Pringsewu, Budi Usmanto, S.Si., M.TI. dan Bernadhita Herindri Samodera Utami, S.Si., M.Sc.

DSC_0010

Seminar dimulai pada pukul 09.00 WIB yang dibuka secara resmi oleh Nur Aminudin, M.T.I selaku Wakil Ketua III STMIK Pringsewu mewakili Ketua STMIK Pringsewu Hj. Rita Irviani, M.M. Dalam sambutannya, Nur demikian disapa menyampaikan bahwa statistika dibutuhkan dalam pengambilan kebijakan bagi pihak-pihak berkepentingan. “Dengan demikian statistika sebagai ilmu penting untuk dipelajari dan diharapkan seminar ini menambah pengetahuan bagi mahasiswa-mahasiswi STMIK Pringsewu”, imbuhnya.
DSC-20180319-0002

Seminar yang diikuti oleh 160 mahasiswa STMIK Pringsewu mendapat antusiasme dari peserta. Materi terbagi menjadi dua, materi pertama “Analisis Statistika” disampaikan oleh Bernadhita Herindri S.U., M.Sc. Lulusan S2 Matematika FMIPA Universitas Gadjah Mada ini menyampaikan paling tidak ada 3 alasan mengapa seseorang penting untuk mengenal dan belajar statistika, di antaranya karena informasi numerik ada di mana-mana, baik di media cetak maupun di media elektronik; teknik statistika digunakan untuk pengambilan keputusan berdasarkan informasi terbatas dan adanya keragaman dalam kehidupan sehari-hari misalnya apabila kita tertarik mengetahui secara cepat siapakah Gubernur Lampung 2018 terpilih tanpa harus menunggu hasil rekapitulasi KPU Provinsi; lalu alasan yang ketiga adalah proses metode ilmiah menjadi lebih mudah dan efisien. Dalam kesempatan ini disampaikan juga metode-metode statistika yang dapat dipilih oleh mahasiswa sebagai peneliti berdasarkan jenis data penelitian, sebab metode harus ditentukan secara tepat agar output yang dihasilkan valid dan dapat diambil keputusan yang sesuai.
DSC-20180319-0001

Materi kedua disampaikan oleh Budi Usmanto, S.Si., M.TI. terkait dengan aplikasi statistika dalam penelitian yang dianalisis dengan menggunakan software SPSS. Dengan sabar, lulusan S2 Teknik Informatika Darmajaya ini menampilkan cara-cara menginput dan menganalisis data menggunakan SPSS. “Pada jaman dulu, seorang peneliti harus menghitung manual setiap perhitungan statistik, akan tetapi dengan kemajuan teknologi, sekarang peneliti sudah dimudahkan melalui berbagai macam perangkat lunak matematika dan statistika”, demikian penjelasan dosen yang hobi melakukan penelitian sejak jaman kuliah.

Seminar ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan berakhir pada pukul 12.00 WIB.(*na)

Filed in: BEM, Info Kampus, Info Penting, Resources, Teknologi, Umum

Leave a Reply