2:08 pm - Monday November 19, 2018

SEMINAR “PENERAPAN TEKNOLOGI DALAM MENYIAPKAN PEMUDA UNTUK PEMBANGUN NASIONAL BERKELANJUTAN”

DSC_0023

STMIK PRINGSEWU – Hari ini Sabtu (10/3), Seminar “Penerapan Teknologi dalam Menyiapkan Pemuda untuk Pembangun Nasional Berkelanjutan”. Seminar tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan Sekaloh Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pringsewu dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Pringsewu Ke-9.

Dalam seminar tersebut dihadiri bapak/ibu dosen STMIK Pringsewu dan 200 mahasiswa dari perwakilan perguruan tinggi swasta yang ada diwilayah Kabupaten Pringsewu seperti STMIK Pringsewu, STIT Pringsewu, STKIP Muhammadiyah Pringsewu, STIE Muhammadiyah Pringsewu, dan organisasi PMII Kabupaten Pringsewu. Seminar tersebut menghadirkan narasumber Yuri Fitrian, S.Kom., M.Si dan Zulkifli, S.T., M.Kom.

Seminar “Penerapan Teknologi dalam Menyiapkan Pemuda untuk Pembangun Nasional Berkelanjutan” tersebut dibuka oleh Nur Aminudin Wakil Ketua III mewakili Ketua STMIK Pringsewu Hj. Rita Irviani, M.M didampingi Elisabeth Yunaeti A, M.T.I Wakil Ketua I, Tri Susilowati, M.T.I Kaprodi Sistem Informasi, Oktafianto, M.T.I Kaprodi Manajemen Informatika dan Bapak/Ibu Dosen STMIK Pringsewu.

DSC_0022

Nur Aminudin Wakil Ketua III mewakili Ketua STMIK Pringsewu Hj. Rita Irviani, M.M dalam pembukaan seminar tersebut mengatakan, bahwa teknologi kini telah merembes dalam kehidupan kebanyakan manusia bahkan dari kalangan atas hingga menengah kebawah sekalipun. Dimana upaya tersebut merupakan cara atau jalan di dalam mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan harkat martabat manusia.

Manusia mengembangkan IPTEK dalam rangka untuk mengolah SDA yang diberikan oleh Allah SWT. Dimana dalam pengembangan IPTEK harus didasarkan terhadap moral dan kemanusiaan yang adil dan beradab. Begitu juga diharapkan SDM nya bisa lebih baik lagi, apalagi banyak kemudahan yang kita dapatkan. Namun, berbanding terbalik dengan realita yang ada karena semakin canggih perkembangan teknologi.

Kita melihat adanya hubungan yang sangat erat antara pendidikan dengan ilmu pengetahuan, yakni eksplorasi yang terorganisasi mengenai alam semesta dan akumulasi pengetahuan secara sistematis dan teknologi, yakni penerapan yang direncanakan dari pengetahuan itu untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusia.

Apabila penggunaan teknologi menyebabkan dampak negatif, maka kepentingan masyarakat dapat dirugikan. Untuk mencegah hal tersebut diperlukan pengkajian terhadap teknologi yang akan diterapkan dan/atau audit terhadap teknologi yang telah diterapkan di Indonesia. Melalui pengkajian dan audit teknologi, masyarakat dapat dilindungi dari kemungkinan dampak negatif yang ditimbulkan, ucapnya.

Dalam akhir sambutan, Nur Aminudin menambahkan, peringatan HUT Kabupaten Pringsewu ke-9 sebagai momentum untuk refleksi atas kinerja pembangunan, pemerintahan, dan pelayanan masyarakat. Dalam kegiatan peringatan HUT Kabupaten Pringsewu ke-9 ini Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Pringsewu bersama-sama mensukseskan berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan hari jadi kabupaten Pringsewu yang mempunyai visi “Pringsewu Berdaya Saing, Harmonis dan Sejahtera (BERSAHAJA)”. (*na)

Filed in: BEM, Info Kampus, Info Penting, Teknologi, Umum

Leave a Reply