BAYU
MULI MEKHANAI

PRINGSEWU – Sebanyak 96 peserta mengikuti seleksi Pemilihan Muli (Gadis) Mekhanai (Bujang) Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung tahun 2015. Seleksi berlangsung di Kampus STMIK Pringsewu, Senin (16/3).

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pariwisata (Disdikbudpar) Kabupaten Pringsewu Suchairi Sibarani mengatakan, peserta seleksi ini terdiri dari 42 Mekhani dan 55 Muli.

“Seleksi ini meliputi tahapan technical meeting, tes tertulis dan interview (wawancara). Nantinya mereka akan kita seleksi menjadi 15 pasang untuk mengikuti grand final Pemilihan Muli Mekhanai Kabupaten Pringsewu tahun 2015,” kata Suchairi Sibarani pada harianlampung.com di ruang kerjanya, Senin (16/3).

Menurut dia, dalam tes tertulis peserta diberikan 35 soal pilihan ganda seputar pengetahuan budaya dan pariwisata di Kabupaten Pringsewu, Lampung dan Indonesia.

Setelah terpilih menjadi 15 Pasang Muli Mekhanai, kemudian peserta yang terpilih akan mengikuti workshop materi seputar kebudayaan adat istidat serta potensi wisata di Porvinsi Lampung.

“Hari ini (17 /3) kita gelar pertukaran pemuda dan pada 19 Maret akan kita gelar Talent Show. Grand Final Pemilihan Muli Mekhanai ini tanggal 20 Maret di Pendopo Pringsewu,” terangnya.

Suchairi menjelaskan, para peserta Muli Mekhanai ini perwakilan dari tiap kecamatan, perguruan tinggi, SMA, beberapa kantor dinas dan peserta umum yang berdomilisi di Kabupaten Pringsewu.

“Kebanyakan peserta berasal dari perguruan tinggi, tapi ada juga yang masih berstatus pelajar SMA. Peserta dari luar Pringsewu masih bisa mendaftar, tetapi dengan catatan yang bersangkutan memang berkerja atas nama mewakili instansi terkait di Kabupaten Pringsewu dengan melampirkan keterangan dari pimpinannya,” jelasnya.

Menurut Suchairi, pelaksanaan pemilihan Muli Mekhanai 2015 merupakan program rutin Disdikbudpar setiap tahun. “Ini merupakan yang ke-enam kali kita gelar,” ungkapnya.

Even ini, lanjut dia, bagian dari upaya pengenalan dan pelestarian budaya sekaligus mencari duta wisata Kabupaten Pringsewu. “Para Muli Mekhanai ini akan menjadi duta Pringsewu dalam mempromosikan potensi wisata dan budaya,” jelasnya.

Harianlampung.com
(Sulistiyo/mnz/eh)