PRINGSEWU – Semangat nasionalisme dan kebangsaan mahasiswa STMIK Pringsewu sebagai generasi muda penerus bangsa, sejatinya perlu terus ditingkatkan guna memperkuat persatuan dan kecintaan diri terhadap bangsa sendiri. Banyak hal dapat dilakukan untuk meningkatkan semangat tersebut, salah satunya adalah seperti yang dilakukan STMIK Pringsewu yang menggelar forum dialog wawasan kebangsaan bagi Prodi Sistem Informasi (S1) & Manajemen Informatika (D3) STMIK Pringsewu dan pergerakan cabang PMII Pringsew, acara dilaksanakan di Auditorium STMIK Pringsewu, Senin (9/3).

Hadir sebagai narasumber yaitu : DR. H. ANDI SURYA (DPD RI)

Kegiatan Dialog Kebangsaan ini adalah salah satu kegiatan untuk menambah wawasan dalam meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan menjaga NKRI agar tetap utuh.

Problematika kebangsaan kian mengemuka di masyarakat Indonesia. Sebut saja banyaknya ketidakpuasan masyarakat diberbagai daerah yang berujung konflik sosial. Salah satu faktor penyebabnya adalah melemahnya perekat nasionalisme, baik secara konseptual maupun secara praktikal. Perekat tersebut, antara lain faktor ideologi yang kian terabaikan pemahamannya di masyarakat dan hilang/terkikisnyanya nilai-nilai kultural yang terinternalisasi di kehidupan keseharian masyarakat. Wujudnya berupa nilai-nilai/hukum adat di setiap daerah, baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis.