3:31 pm - Sunday April 21, 2019

KULIAH UMUM

MASJOEN-1

PRINGSEWU – STMIK Pringsewu menyelenggarakan Kuliah Umum “Sistem Informasi Online Realtime Untuk Pengambilan Keputusan Ekonomi dan Bisnis” pada Senin (23/3) di Auditorium Kampus STMIK Pringsewu. Sebagai narasumber acara ini adalah Dr. Junaidi, M.Si., Ak., CA., CSRS., yang akrab di panggil Masjoen sekaligus sebagai Deputi Riset pada perguruan tinggi Universitas Teknologi Yogyakarta.

Masjoen mengatakan, kebutuhan informasi online dan real time menjadi hal yang penting dalam pengambilan keputusan baik dalam sektor bisnis dan pemerintah, Masjoen panggilan akrabnya mengatakan secara normatif tentu informasi online dan riiltime tentu menjadi hal yang sangat bagus, karena dengan informasi ini dapat digunakan menjadi dasar pengambilan keputusan. Kesiapan sumber daya manusia yang terlibat dalam sistem ini, sarana dan prasarana dalam pengembangan sistem ini tentu memerlukan investasi yang sangat besar. Satu hal yang menjadi tantangan adalah kebersediaan (political will) kepala daerah untuk menerapkan hal tersebut. Kebutuhan online dan riiltime menjadi hal yang sangat penting. Tentang Real Time systems untuk pengambilan keputusan ekonomi dan bisnis, Yaitu mekanisme pengontrolan, perekaman data, pemrosesan yang sangat cepat sehingga output yang dihasilkan dapat diterima dalam waktu yang relatif sama.

Dijelaskan pula tentang Indonesia Article Research Network (IARN), dimana iarn.detikjogja.com merupakan media online yang memberikan fasilitas bagi penulis yang ingin mempublikasikan karya ilmiahnya. Pengelolaan jurnal dapat mempublikasikan secara online tentang artikel yang dimuat dalam jurnal bersangkutan, sebagai contoh Indonesia Accounting Research Journal.

Berkaitan tentang Cloud Computing, yaitu komputasi berbasis internet, dimana server yang dibagi bersama menyediakan sumber daya, perangkat lunak, dan informasi untuk komputer dan perangkat lain sesuai permintaan, cloud computing merupakan komputasi berbasis internet, ketika banyak server digunakan bersama untuk menuediakan sumber daya, perangkat lunak dan data pada komputer atau perangkat lain pada saat dibutuhkan, sama seperti jaringan listrik, dan Cloud computing adalah media penyimpanan online (dropbox, Google Drive, Sky Drive).

Di paparkan pula tentang Sistem Akademik Terpadu (SIKADU), yaitu sistem ini mendukung fungsi akademik dan keuangan secara online yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun dengan memperhatikan aspek kenyamanan dan keamanan. Ujar Masjoen.

Peserta kuliah umum yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa STMIK Pringsewu ini di motivasi pula berkaitan tentang Indonesia Article Research Network, bagi para dosen maupun mahasiswa yang ingin melakukan penulisan maupun penelitian memanfaatkan jaringan ini.

Dan tidak kalah pentingnya, yang menjadi Pekerjaan Rumah kita sekarang bagaimana kita menyongsong UU desa dengan didukung sistem informasi berbasis IT, diharapkan para mahasiswa punya peran aktif dalam mendampingi dan memotivasi perangkat desa dengan visi berbasis IT. Ujarnya.

Filed in: BEM, Info Kampus, Info Penting, Resources, Teknologi, Umum
  1. March 30, 2015 at 10:44 am #

    sukses dan maju terus stmikpringsewu….!!!

  2. maria
    April 16, 2015 at 9:16 pm #

    saya selaku masyarakat Pringsewu sangat kecewa dengan para pegawai PNS yang sombong dan angkuh khususnya pegawai yang asli daerah jakarta, mereka suka melakukan tindakan kriminal, kejam dan zolim kepada masyarakat sipil terutama (dini qyute (facebook)/dini wahyuniorang-orang kaya yang di terima PNS dengan cara uang.

    saya salah satu warga pringsewu yang sangat kecewa dan merasa sangat terhina dan di rendahkan oleh pegawai kabupaten pringsewu yang membawa mobil mewah dan meludah di depan kami warga miskin,,serta yang bertindak sewenang2 menginjak-injak masyarakat asli pringsewu yang memang ekonomi mengah kebawah

    mereka disini hanya makan uang rakyat duduk enak makan tidur enak tapi rakyat kecil masih juga di injak
    salah satu pegawai PNS ini bernama DINI QYUTE (Difacebook) tindakan tdk semena2 yang ia lakukan tidak hanya menginjak2 kami orang miskin, ia menuduh kami warga miskin adalah pelacur hanya kami sebagai pekerja kasar dan tidak hanya itu tindakanya pun sudah mulai ke sekolah anak kami, melakukan berbagai upaya bukanya mendidik dan membantu kelulusan tapi ia malah mempersulit dan menuduh anak kami

    sungguh biadab tindakanya yang semena2 dan zolim, serendah-rendahnya kami orang miskin kami pun masih punya harga diri.

    kami meminta pegawai pringsewu yang biadab dan suka meludahi orang miskin itu dipecat dari PNS dan di kembalikan saja kejakarta.
    orang sombong dan angkuh serta zolim seperti DINI QYUTE (FACEBOOK)/dini wahyuni di pulangkan saja ke asalanya
    karna orang biadab seperti dia tidak pantas berada di pringsewu
    Hati2 dini wahyuni (dini qyute) pedofilia, ia menutupi tindak tanduknya dengan berpura2 menjadi marketing freelance pt.telkom, tapi sebenarnya ia sedang menyodomi masyarakat lampung dengan fitna busuhk dan gilanya!!!!!!!!!

Leave a Reply