1:15 pm - Saturday November 18, 2017

KEMAHASISWAAN

Pengembangan Kemahasiswaan

Mahasiswa dalam eksistensinya di kampus, tidak hanya menjalankan kegiatan kurikuler yang merupakan kegiatan akademik tetapi juga perlu melakukan pengembangan diri dalam rangka mempersiapkan diri menjadi calon pemimpin yang kritis, kreatif, terampil, dinamis, berdedikasi serta religius melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan kemahasiswaan yang meliputi: penalaran dan keilmuan, minat dan kegemaran, upaya perbaikan kesejahteraan mahasiswa dan bakti sosial bagi masyarakat. Untuk mendukung hal tersebut maka STMIK Pringsewu sangat mendukung dibentuknya suatu lembaga kemahasiswaan yang eksistensinya diatur melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 155 /U/1998 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.
Lembaga kemahasiswaan merupakan kelengkapan nonstruktural di STMIK Pringsewu yang berfungsi sebagai sarana dan wadah perwakilan mahasiswa tingkat perguruan tinggi untuk menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa, menetapkan garis-garis besar program dan kegiatan kemahasiswaan.

  1. Pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan
  2. Komunikasi antar mahasiswa
  3. Pengembangan potensi jati diri mahasiswa sebagai insan akademis, calon ilmuwan dan intelektual yang berguna di masa depan
  4. Pengembangan pelatihan keterampilan organisasi, manajemen dan kepemimpinan mahasiswa
  5. Pembinaan dan pengembangan kader-kader bangsa yang berpotensi dalam melanjutkan kesinambungan pembangunan nasional
  6. Untuk memelihara dan mengembangkan ilmu dan teknologi yang dilandasi oleh norma-norma agama, akademis, etika, moral, dan wawasan kebangsaan

Program pengembangan mahasiswa STMIK Pringsewu terdiri dari :

  1. POSDIKTI Mahasiswa Baru atau Wawasan Almamater, Dalam lingkup kegiatan ini bertujuan mengenalkan mahasiswa baru kepada STMIK Pringsewu dan aktivitas-aktivitas yang dijalankan
  2. Penalaran dan keilmuan, Dalam lingkup kegiatan ini bertujuan menanamkan sikap ilmiah, merangsang daya kreasi dan inovasi, meningkatkan kemampuan meneliti dan menulis karya ilmiah, pemahaman profesi dan kerjasama mahasiswa dalam tim.
  3. Bakat, minat dan kemampuan, Dalam lingkup kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam manajemen praktis, berorganisasi, menumbuhkan apresiasi terhadap olah raga dan seni, bela negara, cinta alam, jurnalistik dan bakti sosial.
  4. Kesejahteraan, Dalam lingkup kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan fisik, mental dan kerohanian mahasiswa.
  5. Kepedulian sosial. Dalam lingkup kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengabdian kepada masyarakat, menanamkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, menumbuhkan kecintaan pada tanah air dan lingkungan, kesadaran kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang bermartabat.

Lembaga-lembaga kemahasiswaan yang ada di STMIK Pringsewu, terdiri :

  1. Badan Legislatif Mahasiswa (BLM)
  2. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Badan Eksekutif Mahasiswa merupakan suatu lembaga kemahasiswaan. BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) bertugas menjalankan kegiatan yang dilaksanakan di dalam maupun diluar kampus. BEM menjalankan aspirasi mahasiswa.

Kepengurusan BEM terdiri dari mahasiswa yang meliputi Presiden, Wakil Presiden, Sekretaris, Bendahara Serta Pengurus UKM.

Unit Kegiatan Mahasiswa

UKM merupakan lembaga semi otonom yang menjalankan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan dibawah kepengawasan Presiden BEM.

  1. UKM KONSEN (Komunitas Seni), Merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang seni dan budaya. UKM Kesenian mempunyai program kerja yang tidak hanya pada musik tetapi mencakup segala jenis seni dan budaya yang lain
  2. UKM MAPALA (MAHASISWA PECINTA ALAM), Merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang dalam bidang pecinta alam, dan mempunyai anggota dari mahasiswa yang telah lulus mengikuti pelatihan
  3. UKM OLAH RAGA, Unit Kegiatan Mahasiswa ini membina mahasiswa untuk mengembangkan bakat untuk meraih prestasi dalam bidang olah raga. UKM ini mencakup beberapa cabang olah raga antara lain : Cabang Basket, Cabang Sepak Bola, Cabang Futsal, Cabang Tenis Meja, Cabang Bulu Tangkis
  4. UKM PENGEMBANGAN KOMPUTER, UKM ini membantu mahasiswa dalam mengembangkan ilmu komputer yang perna didapat sebelumnya.
  5. UKM LDK (Lembaga Dakwah Kampus), Unit Kegiatan Mahasiswa ini bergerak dalam bidang kerohanian khususnya bagi mahasiswa yang beragama Islam.
  6. UKM KOPMA (KOPERASI MAHASISWA), Unit Kegiatan Mahasiswa diadakan untuk membantu mahasiswa dalam pengadaan peralatan yang dibutuhkan dalam perkuliahan.
  7. UKM STMIK Peduli Sosial, Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang sosial dan kemanusian.
  8. UKM Pramuka, sebagai wadah pembinaan bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan dalam bidang kepramukaan. Tujuan berdirinya UKM Pramuka STMIK Pringsewu seiring dengan tujuan dari Gerakan Pramuka, yaitu membina generasi muda suypaya memiliki keterampilan yang luas, memiliki sikap kepribadian yang luhur serta mendidik pemuda untuk menjadi kader Gerakan Pramuka, menjadi Pembina Pramuka yang mahir dan memiliki keterampilan dan pengetahuan kepramukaan yang luas.
  9. UKM MENWA (Resimen Mahasiswa), UKM ini bertujuan sebagai wadah penyaluran potensi Mahasiswa dalam mewujudkan hak dan kewajiban warga Negara dalam membela Negara, mempersiapkan Mahasiswa yang memiliki sikap dsiplin, pengetahuan, fisik dan mental agar mampu melaksanakan tugas Bela Negara, mempersiapkan potensi Mahasiwa sebagai bagian dari potensi rakyat dalam rangka Sishankamnas.
  10. KORPS SUKARELA (KSR) PMI UNIT STMIK Pringsewu adalah wahana bagi para mahasiswa untuk mendarmabaktikan diri untuk tugas-tugas kepalangmerahan dan kemanusiaan sebagai bentuk tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Dibekali dengan kemampuan Pertolongan Pertama, Perawatan Keluarga, Kesehatan Remaja, Restoring Family Link, Psychosocial Support Programme, Penanganan Bencana mulai manajemen bencana, air, sanitasi sampai dapur umum serta logistik, SAR dan lain-lain.