1:16 pm - Saturday November 18, 2017

Elisabet Yunaeti Anggraeni

RANCANGAN SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN
PILIHAN PRODUK TABLET PC MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHT (SAW)

DSC_ELI1234

Elisabet Yunaeti Anggraeni, M.T.I.
E-mail: elisabet_sugianto@yahoo.co.id

ABSTRAK

Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan masyarakatpun semakin meningkat. Begitu pula dengan kebutuhan akan teknologi. Teknologi diciptakan untuk memberi kemudahan kepada manusia, salah satu contohnya adalah Tablet pc.

Perkembangan produk Tablet pc pada saat ini sudah berkembang begitu pesat dan banyak sekali persaingan. Banyaknya produk Tablet pc yang ditawarkan, akan membuat kons umen bingung dalam hal pemilihan produk. Konsumen akan lebih selektif dan teliti untuk memutuskan dan kemudian membeli dari beberapa pilihan produk tablet pc yang ada.

Berdasarkan hal diatas, untuk membantu konsumen dalam menentukan pilihan produk Tablet pc, maka dibutuhkan sebuah sistem pengambilan keputusan menggunakan FMADM (Fuzzy Multiple Attribute Decission Making) dengan metode SAW (Simple additive Weight). Metode ini digunakan untuk menentukan sebuah alternatif pilihan berdasarkan bobot dan kriteria yang sudah ditentukan. Kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang terbaik, yaitu produk tablet pc yang sesuai dengan keinginan konsumen. Dalam penelitian ini, diberikan 4 alternatif pilihan produk tablet pc yaitu tablet pc merk Samsung, Asus, Axio,Advan dll. Setelah dilakukan proses normalisasi untuk tiap – tiap kriteria, dan perkalian hasil normalisasi dengan bobot untuk setiap kriteria, maka didapatkan produk Tablet pc merk Samsung sebagai produk pilihan karena mempunyai niali akhir terbasar.

Kata Kunci: sistem pengambilan keputusan,saw,pemilihan Tablet pc

Download selengkapnya disini


PERANCANGAN MODEL PENGAMBILAN KEPUTUSAN KUALITAS KOMPLEK PERUMAHAN
DI KABUPATEN PRINGSEWU MENGGUNAKAN FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (FSAW)

DSC_ELI1234

Elisabet Yunaeti Anggraeni, M.T.I.
Email : elisabet_sugianto@yahoo.co.id

ABSTRAK

Perumahan merupakan hal yang tidak bisa kita abaikan dan berkaitan erat dengan aktifitas ekonomi, industrialisasi dan pembangunan. Pemilihan rumah yang berkualiatas sangat penting mengingat sudah banyak komplek perumahan yang terdapat Kabupaten Pringsewu sehingga perlu waktu yang lama untuk mengecek komplek perumahan di wilayah Kabupaten Pringsewu. Untuk menyikapi hal ini dibutuhkan sebuah sistem yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan membantu masyarakat untuk mengambil suatu keputusan untuk memilih komplek perumahan yang berkualitas. Penyediaan sistem informasi perumahan ini yang berbasis sistem Pendukung Keputusan (SPK) dimungkinkan konsumen bisa memilih komplek perumahan yang lebih berkualitas. Sistem ini dibuat dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan bahasa pemograman PHP dan Mysql

Kata Kunci : Perumahan,SPK,Metode SAW,PHP dan Mysql

Download selengkapnya disini